Analisis Kebijakan Sumber Pendanaan Pendidikan

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmah, nikmat dan karunia-Nya yang bergitu luar biasa, sehingga penulisan tugas akhir/tesis ini dapat terselesaikan.

Proses penulisan tesis ini tidak lepas dari berbagai situasi dan kondisi yang kurang begitu mendukung, namun melalui do’a, bimbingan dan nasehat serta movitasi dari berbagai pihak, semua dapat penulis lalui dengan penuh keyakinan dan kesabaran. Oleh sebab itu dari lubuk hati yang paling dalam, penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat:

  1. Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd dan Drs. Ajang Budiman, M.Hum, selaku pembimbing I dan pembimbing II, yang telah banyak memberikan bimbingan, saran, pemantapan dan pertimbangan yang berguna bagi penyelesaian tesis ini.

  2. Drs. Muhadjir Effendi, M.Ap., selaku Rektor Universitas Muhammadiyah yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk dapat diterima di Program Pascasarjana (PPs).

  3. Prof. Dr. H.A. Malik Fadjar, M.Sc., yang telah memberikan pencerahan dan pemantapan kepada penulis tentang makna seorang pendidik yang sesungguhnya.

  4. Dr. Achmad Habieb, M.A., selaku Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Dr. M. Syaifuddin, M.M., selaku Ketua Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (MKPP).

  5. Seluruh dosen dan staf pengajar Program Pascasarjana/PPs UMM, diantaranya: Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd., Prof. Dr. Salladien., Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H, M.A., P.hD., Dra. Siti Malikhah Thowaf, M.A., P.hD., Dr. Arief Budiwuriyanto, M.Si., Dr. H. Agus Kresno Budiyanto., Dr. M. Syaifuddin, M.M., Dr. Yus Cholily, M.Si., Drs. Ajang Budiman, M.Hum., Drs. Ahsanul In’am, M.M., Drs. Dwi Priyo Utomo, M.Pd., Drs. Suprat, M.Ed., Drs. Ikhsan Ansyori, M.Pd., Dra. Hj. Endang Poerwanti, M.Pd., Dra.Yuni Pantiwati, M.M., M.Pd., Dra. Lise Chamisijatin, M.Pd dan Dra. Hj. Siti Fatimah Soenaryo, M.Pd yang telah banyak memberikan saran, masukan, pinjaman literatur dan sumbangan pemikiran hingga selesainya penulisan tesis ini.

  6. Drs. Ali Imron, M.A., selaku Direktur Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian. Semoga lembaga pendidikan yang beliau idam-idamkan menjadi kenyataan.

  7. Tim Direksi (Ketua I, Ketua II, Ketua III dan Ketua IV), yang telah menerima kehadiran peneliti dan turut mendukung perolehan data penelitian.

  8. Ust. Fathur Rohman, S.Si., selaku pembimbing spiritual, yang telah banyak memberikan pemahaman tentang makna kehidupan yang sebenarnya dan selalu hadir memberikan kesejukan dikala hati berada dalam kebimbangan.

  9. Ibu Mufathonah serta keluarga yang dengan penuh perhatian mendukung suksesnya studi ini melalui do’a dan kucuran dana yang cukup besar nilainya.

  10. Bapak Nanang Noerpatria, M.Pd dan tim yang turut mengambil bagian dalam proses penyelesaian tugas akhir ini.

  11. Teman-teman seperjuangan di Program Studi MKPP angkatan pertama (2004) yang telah banyak memberikan dorongan dan telah mewarnai kehidupan pribadi penulis serta kebersamaannya mempercepat proses pendewasaan diri penulis.

  12. Bang Mashur Nunukan (Kalimantan Timur) yang telah memberikan pinjaman beberapa literatur dan laptop-nya hingga mempermudah dan mempercepat penyelesaian tugas akhir ini.

  13. Semua pihak yang tak mungkin penulis sebutkan satu-persatu disini, terima kasih atas dukungan dan pengertiannya, sehingga tesis ini dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Secara khusus perhatian dan rasa hormat yang begitu besar, penulis haturkan kepada Ibu/Emma’ tercinta yang telah bersusah payah mengandung, melahirkan dan merawatnya sepenuh hati, serta yang terpenting masih bersedia bangun malam, secara khusus mendo’akan kesuksesan putra-putrinya. Bapak/Eppa’ yang tidak bosan-bosannya memberikan bimbingan, arahan dan jerih payah beliau yang begitu luar biasa demi kelangsungan studi penulis. Bagi bapak dan ibu mertua yang telah banyak memberikan kelengkapan hidup, baik moril maupun materiil, sehingga penulis dapat menyelesaikan studi ini.

Secara lebih khusus dari lubuk hati yang selalu penuh kebahagiaan dan keyakinan serta bentuk kesuksesan yang selalu ingin diraih, adalah milik istri tercinta Titis Widayanti, S. Pd, yang dengan setia mendampingi, melayani dan menyemangati hidup ini. Terakhir bagi putri kami tercinta dan tersayang “Sayyida Nafisa Fityani” (Aida) yang keberadaannya menemani detik-detik penyelesaian tugas akhir ini, dengan tangisan dan kerewelannya yang begitu luar biasa, namun kehadirannya memberikan semangat baru dan kesejukan hati serta mampu memberi arti dan makna hidup yang sesungguhnya.

Penulis menyadari bahwa sepenuhnya tesis ini masih jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Maka penulis berharap kritik dan saran yang berguna untuk kesempurnaan tesis ini. Akhirnya penulis berharap semoga karya sederhana ini dapat bermanfaat, Amiin ya Robbal Alamiin. Taqabbalalla Huminna Waminkum Allahumma Taqabbal ya Karim.

Malang, Maret 2006

Penulis,

 

Muhammad Ali Wahyudi

About these ads

About Sismanto

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Analisis Kebijakan Sumber Pendanaan Pendidikan

  1. prima says:

    mohon maaf sebelumnya…
    tapi bisakah saya mengkopi thesis dengan judul d atas, buat thesis saya.

    mohon balasan secepatnya.
    terima kasih sebelumnya.

  2. Sismanto says:

    Terima kasih sebelumnya kepada Bapak Prima yang berkenan mampir di blog saya ini. tesis tersebut sebenarnya punya teman satu kelas waktu kuliah dulu. sementara tesis hard covernya tertinggal di kost lama dan setelah saya telusuri tesis tersebut sudah tidak ada.
    Untuk copy tesis atau sebagainya saya sarankan Bapak menghubungi Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang. Semoga Kuliahnya cepat selsai Amin..

    Salam,

  3. Rahmat Mardian says:

    mohon maaf sebelumnya…Saya tertarik dengan thesisi “Analisis Kebijakan Sumber Pendanaan Pendidikan”.Jika diperbolehkan saya meminta Alamat dari penyusun/ no.HP untuk dapat berkomukasi secara langsung dengan penyusun.mohon balasan secepatnya.terimakasih sebelumnya!

  4. Sismanto says:

    Penyusunya bapak M. Ali Wahyudi contact person 0341-7000508. terimakasih semoga bermanfaat

  5. Sugiartha says:

    Dengan hormat
    Mohon bantuan kepada bapak, untuk bisa kiranya mengirimkan tesis yang berjudul Analisis Dampak Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikan ke email saya. Atas bantuannya diucapkan terimakasih

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s