Penilaian Mandiri (Self Assessment) Kinerja Komite Sekolah di MTs Gresik (Studi Kasus pada MTSN dan MTS Yasmu)

 

ABSTRAK

                                                         

Warsholin, 0337016. “Penilaian Mandiri (Self Assessment) Kinerja Komite Sekolah di MTs Gresik (Studi Kasus pada MTSN dan MTS Yasmu)”,. Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. Dr. Yus M. Choliliy, 1), Drs. Dwi Priyo Utomo, M.Pd.2). Tesis Tidak diterbitkan.

 

 

            Kepmendiknas Nomor 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 telah mengantarkan proses pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah hampir di seluruh daerah kabupaten/kota dan satuan pendidikan di seluruh pelosok tanah air. Proses pembentukan beberapa Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah memang ada yang sudah sesuai dengan harapan dan ketentuan yang ada, bahkan ada yang perkembangannya melaju pesat sedemikian rupa dengan kreasi dan inovasinya yang membanggakan sehingga Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah tersebut telah benar-benar dirasakan peran dan fungsinya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Namun justru perlu diakui bahwa masih banyak diantaranya yang belum sepenuhnya sesuai dengan harapan dan ketentuan yang ada. Dengan menyadari adanya berbagai variasi tersebut, pada saat ini yang lebih penting adalah bukan lagi soal mendirikan atau membentuknya, tetapi bagaimana menggerakkan roda organisasi dan manajemen badan yang mandiri ini, agar Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah yang ada segera melaksanakan kegiatan dalam mengemban peran dan fungsinya seperti yang diharapkan.

            Rancangan penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian deskriptif analitis dengan menggunakan rancangan survey serta bersifat observasional. Penelitian ini dilakukan di MTs. Negeri Metatu Kecamatan Benjeng dengan lokasi pinggiran Kabupaten Gresik bagian selatan dan MTs Yasmu Manyar dengan lokasi Gresik bagian utara mendekati kota. Sumber data berupa dokumen, baik angket maupun wawancara yang mengarah pada segala kegiatan komite sekolah serta SDM dan fasilitas organisasi. Analisis data meliputi data keterlaksanaan peran komite sekolah, data kinerja komite sekolah yakni kegiatan operasional komite sekolah dan data SDM beserta fasilitas organisasi. Analisis terfokus pada variabel dan indikator yang telah ditentukan

            Hasil penelitian amenunjukan bahwa, (1) Tingkat keberhasilan kinerja komite sekolah di MTS Yasmu dapat disimpulkan berhasil, yakni dengan nilai rata-rata 72,78 yang berada pada interval 70 – 89.. Sedangkan nilai akhir yang didapat pada paparan data, maka tingkat keberhasilan kinerja komite sekolah di MTs Negeri dapat disimpulkan kurang berhasil, yakni dengan nilai rata-rata 65,74 yang berada pada interval 50 – 69, (2)  peran komite sekolah MTs. Yasmu lebih baik dari pada komite sekolah MTsN Gresik, dan (3) Keberhasilan SDM dan fasilitas komite sekolah MTs. Negeri lebih memadai dari pada MTs Yasmu.

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s