Mendidik Anak secara Positif

Judul : Positive Parenting, Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda
Pengarang : Mohammad Fauzil Adhim
Halaman : 280 hlm
Penerbit : Mizania
Kota Terbit : Bandung
Terbit : Juni 2007
Cetakan : II

19 April 2008 saya menyempatkan diri berjalan-jalan melihat peradaban Kalimantan timur, yang biasanya hanya terjebak pada rutinitas Kota Sangatta. Kota yang saya tuju adalah Samarinda, Ibu Kota Propinsi Kalimantan Timur.
Memang saya akui tidak mudah menemukan buku bagaimana mengasuh dan mendidik anak berdasarkan Islam. Buku-buku yang berkaitan dengan akhlak mereka batasi pada tataran aksi yang pada akhirnya adalah hanya keuntungan duniawi yang dicapai, dan sama sekali tidak menyinggung pahala atau dosa atas perbuatan yang meraka lakukan selama menjalani kehidupan di dunia. Problematika pendidikan di dunia Barat hanya mementingkan pada ketergantungan mereka atas solusi yang didasarkan pada pengalaman masa lalu dan data statistik. Tidak ada kesan “iman dan keyakinan” yang ditanamkan pada anak-anak pada proses ini.
Sementara buku praktis tentang parenting yang dating dari Barat kebanyakan menekankan pada kecerdasan dan sukses secara materiil, sementara buku dari Timur (termasuk Islam) sudah mengarah ke pembangunan karakter dan akhlak yang baik, namun kadang kurang membumi. Buku parenting ini mencoba menggabungkan sumber-sumber mutakhir Barat dan khazanah Islam yang sangat kaya bagaimana mendidik anak.
Pandangan saya terbelalak seketika melihat salah satu buku yang berjejal di rak-rak buku yang Gramedia Samarinda. Sebuah buku yang memang ditulis oleh orang yang tidak asing. Seorang penulis tetap kolom parenting majalah Suara Hidayatullah dan Pembina SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Seorang yang punya cita-cita melahirkan generasi ulul albab, generasi pilihan yang cemerlang hidupnya, tajam pikirannya, jernih hatinya, kuuh jiwanya, dan kuat imannya. Sebuah obsesi yang tajam yang Beliau rangkum dalam buku Positive Parenting. Luar biasa…..
***
Sekedar cerdas saja tidak cukup jika kita ingin mempersiapkan anak-anak yang mampu mengemban amanah pada jamannya, menggenggam dunia di tangannya, dan memenuhi hatinya dengan iman kepada Allah. Maka, menjadi orang tua harus berbekal ilmu yang memadai. Tidak cukup memberi member uang dan memasukkan mereka ke sekolah unggulan. Sebab sangat banyak hal tidak bisa di beli dengan uang (h.15).
Untuk itu, harus ada yang kita ubah. Jika kita mengingat nasehat Ali Ibnu Abi Thalib tentang anak-anak kita, tentang betapa mereka lahir untuk jaman yang akan dating dan bukan jaman saat kita menepuk dada hari ini, terasa betul harus kita siapkan bagaimana membangun visi hidup mereka. Harus kita siapkan pendidikan mereka dengan pendidikan yang menghiudpkan jiwa, menguatkan tekad, membangkitkan hasrat untuk berbuat baik, dan menempa sikap mental yang tangguh dan unggul untuk menentukan wajah masa depan.
Kita perlu berpikir bagaimana menjalankan tugas keayahbundaan yansg baik, yakni mengasuh, membesarkan, dan mendidik anak-anak secara positif. Kita harus bisa merangsang inisiatif-inisiatif mereka, menunjukkan penerimaan yang tulus, dan member perhatian yang hangat atas setiap kebaikan yang mereka lakukan. Kita perlu mengembangkan inisiatif positif dan melakukan pendekatan yang positif. Itulah positif parenting (h.141).
Secara sederhana positif parenting meliputi beberapa bagian. Pertama, konsep dasar yang melandasi. Kedua, sikap dasar yang perlu kita miliki dalam menerapkan psotif parenting (mendidik anak secara positif). Ketiga, prinsip-prinsip penting menjadi orang tua yang positif. Dan yang keempat, strategi mengasuh anak msecara positif agar membangkitkan potensi-potensi positif mereka, kecerdasan intelektual mereka, emosi mereka, dan juga dorongan moralistic-idealistik mereka yang bersumber pada kekuatan ruhiyah mereka (h.142).
Buku yang ditulis dengan bahasa yang cair, mengalir bagaikan air yang mengalir. Sesekali air itu tersangkut batu tapi tetap saja air itu mengalir kea rah yang ia tuju. Pun demikian dengan penulisnya, ia memberikan tambahan-tambahan contoh praktis yang kemudian mudah diaplikasikan.
Buku ini sangat membantu keluarga Islam yang ingin mendapatkan pendoman komplet tentang parenting. Salah satu cirri positive parenting yang digagas dalam buku ini adalah memandang anak dalam bentuk yang positif. Tingkah polah mereka menunjukkan potensi yang luar biasa yang ada dalam diri mereka. Sebuah buku panduan pengasuhan mendidik anak Islam modern yang akan mengubah diri dan keluarga anda. SELMAT MEMBACA.

Sangatta, 28 April 2008
Sismanto
https://mkpd.wordpress.com

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Mendidik Anak secara Positif

  1. oke banget ya..bagi2 donk bahanya sahabat.tq ya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s