Public Policy

Judul : Public Policy

Penulis : Riant Nugroho

Halaman : viii + 657 hlm

Penerbit : Elexmedia Komputindo

Kota Terbit : Jakarta Terbit : 2008

Peresensi : Sismanto

Dr. Riant Nugroho merupakan seorang public policy specialist dan penulis buku yang produktif mengenai kebijakan publik. Di samping itu juga tercatat sebagai direktur Institue for Policy Reform, pendiri dan ketua harian Masyarakat Kebijakan Publik Indonesia (MAKPI). Riant Nugroho dalam buku ini dengan tegas memilah antara makna kebijakan dengan kebijaksanaan yang masih seringkali disalahtafsirkan penggunaannya di Indonesia.

Pemilihan ini saya kira sebagai justifikasi yang dipaparkannya kepada para ilmuan sosial kebyakan di Indonesia yang memaknai kebijaksanaan sebagai kata ganti policy. Meskipun Riant Nugroho tidak serta merta menyalahkannya, hanya saja dia menekankan bahwa kebijaksanaan bukanlah kebijakan kerana (ke)bijaksana(an) merupakan salah satu dari ciri kebijakan publik yang unggul. Beberapa tokoh-tokoh kebijakan publik yang dikemukakannya sebagai literasi sebelum memberikan konklusi dalam paparan bukunya juga semakin memperkaya bukunya. Sebut saja model analisis kebijakan versi William Dunn, analisis kebijakan versi Weimer-Vining, maupun analisis kebijakan versinya Patton-Savicky. Sehingga, Riant Nugroho mengajak pembaca untuk merumuskan definisi yang sederhana bahwa kebijakan publik merupakan keputusan politik yang dikembangkan atau dibuat oleh negara, khsususnya pemerintah, sebagai strategi untuk merealisasikan tujuan negara yang bersangkutan. Kebijakan publik adalah strategi untuk mengantar masyrakat pada masa awal, memasuki masyarakat pada masa transisi, untuk menuju pada masyarakat yang dicita-citakan. Buku ini diperkaya dengan adanya beberapa pakar maupun kolega penulis yang diminta memberikan endorsemen di cover buku bagian belakang, semakin memberikan apresiasi atas karya yang dihasilkan oleh penulis produktif ini. “Untuk menjadi negara besar yang Unggul, Indonesia memerlukan kebijakan publik yang unggul. Tak ada pilihan lain. Buku ini memberikan gambaran pemahaman yang baik tentang kebijakan publik, dari sisi teori dan praktik” (Prof. Dr. Sofian Effendi, MPIA) “Tinjauan terhadap berbagai aliran pemikiran dalam kebijakan publik dipaparkan dengan tajam dan dengan kemampuan untuk menangkap esensi dari berbagai pendekatan dengan cukup jernih” (Dr. Vedi R. Hadis, Associate Professor Departemen of Sociology, National University of Singapore) “Buku yang penting dan relevan bagi para policy maker dan policy learning, bagi mahasiswa buku ini akan menjadi referensi penting dalam mempelajari kebijakan publik” (Profesor. Dr. Eko Prasodjo, Mag. Real.publ.) Ibu Purna, Deputi Menteri Sekretaris Negara Bidang Dukungan Kebijakan dalam endorsementnya pada buku ini memberikan keyakinan pada pembaca bahwa “buku ini, selain teoritikal, juga memuat sisi praktikal dalam proses pengambilan sebuah kebijakan, sehingga perlu dibaca para praktisi kebijakan publik di Indonesia. Baik yang ada dalam lingkungan eksekutif maupun legislatif, di Pusat maupun di Daerah. Public policy ini cocok dibaca dan dijadikan referensi para mahasiswa, terutama mereka yang mengambil mata kuliah kebijakan. Entah itu kebijakan publik, kebijakan pendidikan, kebijakan kesehatan maupun yang lainnya. Dengan membaca buku ini memberikan kita sebuah gambaran serupa dengan buku public policy-nya William Dunn yang hampir dijadikan setiap rujukan bagi pengambil kebijakan maupun mahasiswa. Selamat membaca!

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Public Policy

  1. Pingback: sismanto’s blog « Ar135thya’s Blog

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s