Pengumuman “Inspiring Teacher”

Buat teman-teman, kolega, dan pengirim naskah “inspiring teacher” purna sudah hasil meditasi saya, mengkaji, meneliti satu persatu naskah yang layak dimasukkan dalam buku “inspiring teacher” bersama beberapa orang yang terlibat dalam proyek ini. Hampir seratus (100) naskah yang terkirim ke email saya menyatakan keikutsertaannya dalam pembuatan buku ini. Harapan saya semua naskah dapat masuk dalam antologi ini, tapi tidak semua naskah bisa dimasukkan. Tentu saja kita ingin bahwa buku “inspiring teacher” ini harus berbobot dan bermutu sebagai bagian dari karya para guru Indonesia.

Beberapa kriteria yang membuat naskah lolos dalam proyek ini adalah tulisan berbentuk narasi, ngeblog, dan tentu saja inspiratif sesuai dengan tema yang saya usung diawal pengumuman. Sementara naskah yang tidak diikutkan dalam saya terima kebanyakan berbentuk cerita pendek (cerpen) dan kurang fokus pada tema.

Sebagaimana proyek penulisan ini digulirkan di awal, bahwa proyek ini bukan lomba dan hanya untuk mewadahi kreatifitas dan karya guru. Pada awalnya, proyek ini memang urunan atau investasi Rp. 100.000 sebagaimana saya tulis di note (http://www.facebook.com/note.php?note_id=486713346673 ), namun untuk memudahkan penerbitannya dan tidak ribet (sibuk) mengurusi urunan, maka kalo nantinya antologi ini harus diterbitkan secara indie saya yang akan menanggung biaya penerbitannya. sedangkan (kontributor) yang naskahnya lolos tidak mendapatkan royalti dan tidak mendapatkan buku. namun saya akan memberitahu buku tersebut diterbitkan pada penerbit apa. sementara apabila ada keuntungan royalti, maka akan digunakan untuk proyek penulisan guru berikutnya… mudah-mudahan berkenan….

Apabila kurang berkenan, naskah bisa ditarik dan tidak diikutkan dalam penerbitan buku ini. Untuk info dan keterangan lebih lanjut, tunggu info dan pengumumannya di https://mkpd.wordpress.com dan note FB Sismanto HS. Terima kasih partisipasinya dan mohon maaf apabila kurang berkenan.

Untuk itu, saya ucapkan SELAMAT kepada para penulis (kontributor) yang namanya lolos dalam proyek ini. Bagi yang belum lolos, tidak perlu khawatur insyaallah satu atau dua bulan ke depan saya akan mengadakan audisi lagi, baik melalui pengayaan tema isnpiring teaacher maupun tema-tema yang lain yang lebih menarik. Adapun pengirim naskah yang naskahnya “LOLOS” dalam proyek ini berdasar abjad adalah sebagai berikut:

No.

Penulis

Judul Naskah

1

Aina Al-Azmi  Perjalanan Menjadi Seorang Guru

2

D. Dudu Abdul Rahman Ruang Ekspresi Siswa untuk Menulis

3

Dwi Dessy Pratiwi Be a Teacher, Why Not?

4

Eka Dirnawati Antara pendidik dan Peniru

5

Endah Wulandari Guru Pembelajar

6

Erni Nuraeni Dari Lubuk Hati

7

Ernofalina Kuingin Jadi Guru Hebat

8

Erny Ratnawati Enam Belas Murid di Kelas Istimewa

9

Fiyan Arjun Ayo, Siapa Yang Mau Menjadi Penulis

10

Hesti Daisy Aku dan dunia mereka

11

Hilal Ahmad Guru, Haruskah Ia Begitu?

12

Imam Syafii Burung Tiung dan Ikan Patin

13

Inge Inggrid Menjadi Guru dan Sahabat Anak

14

Inggar Saputra Guru Sukarelawan

15

katrin puspita Aku Mau Jadi Guru

16

Muhammad Irfan Abdul Aziz Meniti Kerikil Jalanan

17

Nanok Triyono Menggugat Paradigma “Ngabdi” guru

18

Niken Larasati Pena Van Simpang

19

Nur Fatimah Sari Mengapa Harus Guru ?

20

Nurik Khikmawati Muridku, Guru Bagiku

21

Oci Yonita Marhari Belajar dari Ibu

22

Puri Tosana Bukan Guru Pilihanku

23

Rif’an al Hasani Mengajar dengan Hati

24

Sabil Ananda Guru terbaik dalam hidupku

25

Sri Indrianti Nekad Jadi Guru

26

Subhan Al Banjari Guru Berbisnis, Potret Suram Dunia Pendidikan

27

Syaira Az-zirnikh Will Be A FriendlyTeacher

28

Tiya Radam Terperosok ke Dunia Luar Biasa

29

Tsuraya Widuri Sebongkah Cinta untuk Murid Istimewa

30

Wahyuti Nasib Guru Wiyata

31

Yurmawita Adismal Aku masih belajar

Salam,

Sismanto

https://mkpd.wordpress.com

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Artikel, Inspirasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s