Buku “Kumpul Guru Jadi Guru” ada di Annida Online..!!

Judul     : Kumpul Guru Jadi Guru (Inspiring Teacher)

Penulis   : Sismanto, dkk.

ISBN      : 978-602-8597-88-3

Terbit     : Juni 2011

Tebal     : 237 halaman

Harga    : Rp. 47.700,00

Penerbit: LeutikaPrio

 

Meneladani Pejuangan Guru-guru Indonesia

Sebagian orang beranggapan bahwa guru selalu dikaitkan dengan istilah “Oemar bakrie”. Bersepeda ontel, masa depan suram, dan berpendapatan kecil,. Tapi itu dulu. Kini, guru Indonesia telah menjelma menjadi para pengajar profesional yang  pengabdiannya diharapkan memiliki dedikasi tinggi serta komitmen kuat yang didukung oleh kejujuran, membawa sekolah pada jalur persaingan di antara sekolah-sekolah. Merekalah para guru yang siap berjuang demi pendidikan. Bukan hanya semata-mata untuk mencari gaji belaka, melainkan memiliki jiwa pengabdian.

Di beberapa lokasi seperti yang dikisahkan oleh beberapa penulis (kontributor), ada guru yang nampaknya masih belum memiliki kebebasan berpendapat, berada jauh di pedalaman, dan yang lebih parah lagi adalah masih banyak guru Indonesia yang belum memiliki kebebasan finansial dalam menjalan tugas dan profesinya sebagai guru dan pendidik.

Misalnya, simak saja cerita Pak Guru Imam Syafii, yang menuturkan keperkasaannya di medan pendidikan yang ia lakoni di tengah rimba hutan belantara dan di tengah kampung Dayak Kalimantan Timur. Di masa-masa awal profesinya sebagai guru di ibu kota Kutai Timur, Kalimantan Timur, beliau masih sanggup berbica tentang metode-metode dan ritual-ritual pendidikan lainnya. Namun ketika dihadapkan pada kondisi yang serba kekurangan dari sisi sarana, prasarana, maupun teknologi informasi dan komunikasi di hutan, beliau berbicara dengan lantang dalam tulisannya,

Sekedar tawaran saja, barangkali ada diantara pembaca yang sudah sukses mengajar di kota dengan aneka jurus mengajar dan masih punya simpanan jurus ampuh, ada baiknya dicoba mengadu kesaktian dengan makhluk bernama Busang. Sebenarnya saya hanya ingin mengatakan bahwa perlu “kecerdasan khusus” untuk menjadi guru di tanah hulu, Kalimantan Timur,” katanya.

Buku ini merupakan karya nyata perjuangan dari para guru pembelajar yang telah memberikan pengalaman dan inspirasi kepada kita semua Tersaji atas kontribusi besar para kontributor naskah yang tak lain adalah para guru dan begawan pendidikan yang telah malang melintang di dunia pendidikan. Beliau-beliau inilah yang layak disebut para pahlawan pendidikan yang memberikan ilmu pendidikan dengan hati. Bila perlu dengan nyawa sekalipun!.

Sangat sayang bila Sobat Nida tidak memiliki buku ini. Karena di dalamnya mengupas lebih dalam bagaimana seharusnya guru di masa kini dan masa mendatang. Bukan guru yang muluk-muluk (guru ideal) atau manusia setengah dewa, melainkan guru yang mampu survive dan mampu menghadapi tantangan jaman yang tidak menentu, serta mampu menghadapi tantangan untuk hidup layak dan bermartabat.

Khusus buat Sobat Nida di manapun berada, buku ini sudah bisa dipesan sekarang juga via website www.leutikaprio.com, inbox Fb dengan subjek PESAN BUKU, atau SMS ke 0821 38 388 988. Satu eksemplar buku ini seharga Rp. 47.700.Pembelian buku minimal Rp 90 ribu, maka GRATIS ONGKOS KIRIM seluruh Indonesia. Met order, All!! [Sismanto]

 

Sumber ANNIDA-ONLINE

http://www.annida-online.com/artikel-3270-kumpul-guru-jadi-guru-inspiring-teacher.html

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Artikel, Inspirasi, Resensi Buku and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s