Konferensi Nasional Pembelajaran Informatika (KNAPTI) 2012

Konferensi Nasional Pembelajaran Informatika (KNAPTI) 2012

 

Dalam kurun 25 tahun, pendidikan tinggi komputer dan informatika di Indonesia berkembang sangat pesat. Tidak hanya dilihat dari jumlah mahasiswa dan jumlah institusi penyelenggaranya saja, namun juga bisa dilihat dari semakin banyaknya guru besar dan doktor pada bidang ini. Selain itu, berbagai aktivitas ilmiah terkait bidang komputer dan informatika juga bisa kita temukan dengan mudah.

Namun demikian, kita tidak boleh hanya melihat kuantitasnya saja tanpa mencoba menilik bagaimana proses pembelajaran komputer dan informatika di Indonesia. Kualitas pendidikan tinggi Informatika seharusnya juga tercermin dari proses pembelajaran yang dijalankannya. Sayangnya hingga saat ini, masih sedikit forum ilmiah yang membahas berbagai kajian dan pengalaman praktis dalam menerapkan proses pembelajaran pada bidang ilmu Informatika di Indonesia.

Call For Paper
Kami mengundang para praktisi pendidikan, staf akademik, pengelola laboratorium bidang komputer dan informatika untuk mendokumentasikan kajian dan pemikiran, pengalaman praktis, serta penelitian pada bidang informatika dalam Konferensi Nasional Pembelajaran Informatika (KNAPTI 2012).

Topik makalah setidaknya terfokus pada empat bidang, yaitu:
– inovasi pembelajaran dan implementasi konsep pedagogic dan andragogic untuk bidang ilmu informatika
– implementasi konten dan metoda praktikum dan aktivitas laboratorium untuk mendukung kurikulum informatika
– elearning, penggunaan tools, aplikasi dan teknologi komputer untuk mendukung proses pembelajaran bidang ilmu informatika
– aktivitas pendukung untuk membentuk hardskill dan softskill mahasiswa informatika

Tanggal penting:
1 Desember 2011: batas penerimaan full paper
10 Desember 2011: pengumuman penerimaan
20 Desember 2011: batas penerimaan camera ready paper
21 Januari 2012: pelaksanaan seminar

Kontak Panitia
Panitia Konferensi Nasional Pembelajaran Informatika (KNAPTI 2012)
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km 14 Yogyakarta 55501
Telp: (0274) 895287, 895007
Fax: (0274) 895007
diakses dari Website KNAPTI 2012: http://knapti.informatics.uii.ac.id/

 

 

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s