Mini Bus sebagai Alat Transportasi

b138a-originalMini bus atau bus mini adalah salah satu alat akomodasi yang sering dipakai sebagai alternatif transportasi jalur darat. Mini bus merupakan alat angkut yang dapat memuat lebih banyak orang dibanding mobil-mobil minivan yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Mini bus di desain cukup unik dengan kapasitas penumpang yang jauh lebih sedikit dibanding bus besar. Mini bus sangat cocok dipakai untuk perjalanan secara massal atau kelompok wisata atau komunitas tour yang berjumlah antara 8 (delapan) orang sampai 30 (tiga puluh) orang. Mini bus dengan ukuran kapasitas penumpang diatas 30 ( tiga puluh) orang tapi kurang dari 60 ( enam puluh ) orang sering disebut dengan istilah bus midi. Bus besar memiliki kursi penumpang kurang lebih untuk 60 ( enam puluh ) orang.

Baik bus mini, bus midi maupun bus besar adalah sama-sama digunakan sebagai alat transportasi. Ketiga jenis bus tersebut memiliki kegunaan yang sama, yaitu sebagai alat transportasi publik maupun sebagai alat transportasi pribadi. Alasan yang sering dijadikan dasar dalam penentuan mini bus sebagai alat transportasi publik diantaranya yaitu mini bus dapat digunakan sebagai alat transit untuk rute-rute daerah tertentu. Mini bus juga sering dipakai sebagai bus bandara dengan kapasitas standart dan tidak berlebihan. Mini bus sebagai alat transportasi juga bisa sebagai alternatif taksi besar yang bisa setiap saat digunakan sesuai kebutuhan rombongan dalam jumlah yang relatif besar.
Mini bus selain sebagai alat transportasi publik juga merupakan alat transportasi pribadi. Sebagai alat transportasi pribadi mini bus sering dipakai oleh orang – orang penting demi untuk kelancaran dan kenyamanan selama perjalanan. Mini bus juga biasa dipakai untuk bus charter. Fungsi dan kegunaan mini bus dianggap sesuai dan cocok sebagai salah satu usaha atau bisnis jasa bus charter. Mini bus juga merupakan alternatif pilihan paling tepat untuk tour perjalanan sebuah komunitas atau kumpulan atau rombongan orang-orang yang memiliki tujuan perjalanan yang sama.

Sebagai alat transportasi pribadi mini bus dimanfaatkan oleh instansi atau komunitas seperti sekolah atau yayasan, klub – klub olahraga, group – group yang berkecimpung dalam bidang – bidang tertentu juga sering memanfaatkan mini bus sebagai teman dalam perjalanan – perjalanan tertentu. Mini bus sering dianggap juga sebagai aset investasi yang memberi manfaat untuk jangka panjang. Baik instansi atau perusahaan atau lembaga maupun yayasan mempunyai anggaran khusus untuk penyediaan alat transportasi ini. Hal ini guna memperlancar perjalanan dinas maupun pencapaian hasil kegiatan secara maksimal.

Mini bus merupakan bus berukuran mini atau mikro dengan letak mesin di depan. Ukuran mini bus yang lebih panjang disebut bus midi. Dan bus paling panjang ukurannya disebut bus besar. Panjang bus mini kurang dari panjang bus midi. Panjang bus midi melebihi ukuran bus mini tapi lebih pendek dari bus besar. Bus besar mempunyai ukuran paling panjang diantara semua ukuran bus. Kuantitas atau daya angkut penumpang bus mini paling sedikit diantara bus-bus lainnya. Jumlah penumpang bus midi lebih banyak dari bus mini tapi lebih sedikit dari bus besar. Daya tampung paling banyak dimiliki oleh bus besar. Pemilihan bus sebagai alat transportasi darat merupakan pilihan sesuai dan menguntungkan disertai manfaat dan kegunaan yang telah dimilikinya. Desain unik dan apik merupakan dasar penentuan selanjutnya demi kepuasan dan kebanggan dalam melakukan perjalanan yang sukses.

Sangatta, 28 Juni 2015
Direktur Banyumili Travel
Sismanto, M. Pd.

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Travel & Rent Car and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s