Minibus Sebagai Alat Transportasi Publik

Banyumili Travel – BM Trans 082-141-864-864, 082-255-277-577

b1126-original W JosssMinibus sebagai alat transportasi publik atau sering disebut transportasi umum adalah hal yang biasa kita temui saat kita berada didalam perjalanan yang menempuh jalur darat. Transportasi publik atau transportasi umum adalah istilah yang biasa dipakai untuk alat yang biasa digunakan oleh orang banyak dalam melakukan perjalanan tanpa menggunakan kendaraaan pribadi. Jenis transportasi publik atau transportasi umum sangat beragam. Contoh untuk transportasi darat ada kereta api, bus, minibus, taksi, minivan, dan lain-lain. Contoh untuk transportasi udara adalah maskapai penerbangan. Contoh untuk transportasi laut adalah kapal feri.

Transportasi darat adalah jenis transportasi yang menggunakan media laju berupa jalan setapak,  untuk mengangkut atau memindahkan barang atau penumpang. Minibus adalah salah satu pilihan alat transportasi darat yang biasa digunakan untuk jalur – jalur operasi jalan pendek. Minibus sebagai alat transportasi publik cukup memenuhi syarat dan standart kelayakan untuk beroperasi di jalan umum. Minibus sebagai salah satu alat yang dipakai sebagai media layanan bus untuk jalan – jalan konvensional sangat cocok dan sesuai dengan fungsi dan penggunaannya.

Beberapa alasan yang menjadikan dasar pertimbangan minibus digunakan sebagai alat transportasi umum atau transportasi publik adalah sebagai berikut; yang pertama, alasan kapasitas penumpang yang jauh lebih rendah dibanding dengan transprtasi darat lain seperti trem maupun kereta api. Hal ini merupakan alasan yang cukup masuk akal dalam menentukan minibus sebagai alat transportasi publik untuk jalaur darat. Minibus juga merupakan pilihan ideal sebagai alat transportasi darat dengan alasan biaya yang dikenakan relative lebih murah dibanding kereta api.

Harga sebenarnya adalah pertimbangan yang paling utama seseorang penumpang memutuskan untuk menggunakan minibus sebagai alat transportasi publik. Alat transportasi apa untuk menuju lokasi yang akan didatangi selain juga faktor – faktor lainnya seperti kenyamanan, ketepatan waktu tempuh juga kecepatan sampai di lokasi tujuan juga. Harga relativf sebagai dasar pembanding dalam mengambil keputusan. Tapi selisih harga yang sangat jauh lebih murah bisa didapatkan penumpang karena biaya keseluruhan perjalanan ditanggung oleh banyak pemakai atau pengguna jasa. Tentu hal ini adalah pilihan yang jauh lebih menguntungkan dalam penghematan. Minibus sebagai alat transportasi publik dibanding minivan mungkin biaya jauh lebih murah karena biaya minivan ditanggung oleh beberapa penumpang saja.

Layanan transportasi publik menggunakan minibus juga bisa menjangkau kota – kota kecil, daerah – daerah pinggiran maupun maupun tepi – tepi kota. Lokasi yang sulit dijangkau oleh bus besar juga pedesaan – pedesaan yang jauh dari kota sering menggunakan alat transportasi umum minibus sebagai alat akomodasi masyarakat atau penduduk disekitarnya. Minibus jauh lebih efektif dan efisien dibanding alat transportasi darat lainnya. Jika dibandingkan dengan minivan daya tampung penumpang untuk minibus jauh melebihi jumlah penumpang minivan. Jadi masyarakat atau penduduk desa atau daerah – daerah lebih senang menggunakan alat transportasi ini untuk mempercepat jarak tempuh juga waktu tempuh perjalanan.

Minibus sebagai alat transportasi publik atau alat transportasi umum keberadaannya juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat maupun jasa – jasa penyedia layanan transportasi ke kota – kota besar. Minibus merupakan layanan shuttle untuk perjalanan menuju ke kota – kota besar. Bus besar yang sering beroperasi di kota – kota besar saling bekerjasama dengan minibus dalam komunikasi layanan penumpang. Sehingga masyarakat sangat diuntungkan dengan adanya minibus ini. Selain tumpangan orang atau manusia minibus juga melayani tumpangan barang maupun paket – paket kiriman yang saling bekerjasama dengan pihak – pihak atau jasa – jasa paket pengiriman barang. Semua keuntungan penggunaan minibus sebagai alat transportasi publik layak dipertimbangkan dan anda puas menggunakan jasa layanan minibus ini dalam perjalanan anda.

 

Sangatta, 5 Juli 2015

Direktur BM Trans,

Sismanto, M. Pd.

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Travel & Rent Car and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s