Bisnis Seputar Tour dan Travel

Bisnis tour dan travel memiliki banyak bidang usaha yang bisa dilakukan secara bersama – sama maupun secara terpisah. Bisnis seputar tour dan travel biasanya sangat bervariasi tergantung kebutuhan pelanggan apa saja yang ingin mereka layani. Bisnis tour dan travel dianggap sangat berpeluang besar untuk dikembangkan karena cabang usaha yang mendukungnya sangat variatif. Juga didukung system reservasi online yang sangat memungkinkan mereka melakukan banyak transaksi dalam satu keagenan tour dan travel yang telah difasilitasi dengan sangat lengkap termasuk tata cara penggunaannya.

Beberapa agent tour dan travel hanya menjual satu pelayanan saja tanpa diikuti oleh bidang usaha lain meskipun mereka sebenarnya tetap akan membantu memenuhi kebutuhan pelanggan agent tour dan travel diluar yang diusahakannya. Karena banyaknya koneksi atau rekan kerja di bidang tour dan travel yang sangat memungkinkan untuk diajak kerja sama dalam pemenuhan kebutuhan konsumen mereka. Alasan ingin fokus di pelayanan satu atau beberapa bidang usaha tour dan travel saja bisa jadi karena mereka kurang tenaga – tenaga professional untuk membantu dalam pelaksanaannya.

Berikut beberapa bidang usaha yang bisa dikembangkan sekaligus maupun terpisah tentang bisnis seputar tour dan travel. Pertama bisnis penjualan tiket tour dan travel untuk pesawat domestik dan international. Kedua bisnis penjualan tour dan travel khusus voucher hotel domestik dan international. Ketiga bisnis penjualan paket tour dan travel domestik dan international. Keempat penjualan tiket tour dan travel bidang perjalanan umroh dan haji plus. Kelima penjualan bidang tour dan travel khusus rent car. Keenam penjualan tour dan travel khusus bidang land tour, voucher/ tiket wisata untuk wahana hiburan domestic dan international.

Bisnis seputar tour dan travel yang ketujuh yaitu penjualan pulsa elektrik. Kedelapan bisnis tour dan travel bidang jasa kurir atau jasa pengiriman barang.  Kesembilan selain bidang tour dan travel bisa juga dikembangkan untuk jasa terima pembayaran telepon, PLN, PAM, ACC, FIF, Adira, Wom Finance dan lain – lain. Kesepuluh bidang tour dan travel bisa juga dikembangkan ke arah jasa antar/ jemput bandara. Kesebelas bidang tour dan travel bisa dikembangkan untuk jasa penjualan tiket kereta api executive. Dan yang terakhir keduabelas, bidang tour dan travel bisa juga disertai penjualan asuransi.

Bisnis seputar tour dan travel masih sangat terbuka lebar peluangnya dilihat dari banyaknya bidang usaha yang masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Untuk memulai salah satu dari bisnis tour dan travel kita bisa lakukan dengan cara menjadi agent salah satu tour dan travel. Tentunya dengan nama agent yang berbeda dan memiliki brand name sendiri. Kita bisa kreasi sepuasnya dengan nama agent yang kita miliki tanpa membawa nama agent – agent lain agar kita bisa eksis seperti agent tour dan travel lainnya.

Dalam penentuan harga untuk penjualan dalam keagenan tour dan travel baru biasanya sudah termasuk beberapa komponen yang harus dimasukkan dalam harga jual. Biasanya komponen harga untuk penjualan tiket tour dan travel contohnya sudah meliputi beberapa komponen sebagai berikut : Harga dasar, PPN, IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja), serta Fuel Surcharge.  Sedangkan untuk pembayaran transaksi agent tour dan travel sebelum terjadinya issued, maka agent harus melakukan pembayaran ke pusat keagenan tour dan travel baik dengan cara tanpa deposit maupun pakai deposit.

 

Sismanto

http://www.banyumilitravel.co.id

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Domestic Tour, Travel & Rent Car. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s