​H. Aramsyah, M.Pd Nahkodai IGI Kutai Timur 

Sismanto HS*)

Sabtu, 19 nopember 2016 pengurus  Ikatan Guru Indonesia (IGI) cabang Kutai Timur punya gawe mengadakan musyawarah cabang di ruang hexagonal YPPSB – PT. Kaltim Prima Coal dengan agenda  yang diusung adalah menentukan ketua ikatan guru indonesia cabang Kutai Timur. Kegiatan yang dibuka tanpa seremonial pejabat tersebut berlangsung secara hikmat dengan dihadiri oleh anggota- anggota ikatan guru Indonesia yang ada di kabupaten Kutai Timur. 

Sismanto, M. Pd., ketua panitia muscab ketika ditanya di sela-sela padatnya acara muscab tentang tidak adanya pejabat yang membuka menyampaikan bahwa “kami tidak ingin terlalu fokus mengundang pejabat sehingga esensi dari kegiatan muscab tidak terpenuhi. IGI hadir untuk memberikan kontribusi nyata tentang perlunya peningkatan mutu guru di kabupaten Kutai Timur, namun demikian IGI siap membantu pemerintah baik diminta ataupun tidak untuk peningkatan kompetensi guru”

Pada kegiatan tersebut, secara aklamasi peserta muscab menyepakati H. Aramsyah, M. Pd, yang juga sebagai kepala  MIN 1 Kutai Timur terpilih sebagai ketua ikatan guru indonesia cabang Kutai Timur. Disamping ketua terpilih disepakati pula Anik Yusanti, M. Pd sebagai sekretaris, dan Hj. Ani Purwati, S. IP., M. Pd sebagai bendahara IGI cabang Kutai Timur.

Dalam kesempatan tersebut Imam Wahyudi, S. Si, M. Pd yang akrab dipanggil dengan Gus Imam, Waketum Koordinator Kalimantan yang hadir sebagai perwakilan pengurus pusat IGI memberikan ucapan selamat kepada ketua terpilih H. Aramsyah, M. Pd. Sebagai ketua IGI cabang Kutai Timur.
Dalam sambutannya Gus Imam menyatakan bahwa “IGI  hadir dari, oleh, dan, untuk guru. Pengurus organisasi profesi guru seharusnya memang dipimpin oleh guru bukan dipimpin oleh pejabat dan bukan oleh orang dari partai politik yang syarat dengan kepentingan tertentu. Bila organisasi profesi itu dipimpin oleh orang yang profesinya sebagai guru, maka organisasi tersebut bisa berjalan secara netral dan independen.

#igi_kutaitimur #hgn #literacy

*) analis kebijakan pendidikan

About Admin

Sismanto, lahir di Pati, 28 tahun yang lalu. Putra pertama dari 4 bersaudara ini menghabiskan waktu remajanya selama 17 tahun di pondok pesantren sembari menimba ilmu pengetahuan umum, ia menamatkan S2 Magister Kebijakan Pendidikan (2006). Tulisan-tulisannya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik lokal maupun nasional seperti; Koran Pendidikan, Kaltim Post, Tribun Kaltim, Majalah Spora, Majalah Mata Baca, dan pemimpin redaksi primagazine. Sementara buku pertamanya tidak jauh dari tulis menulis dan minat baca yang berjudul "Manajemen Perpustakaan Digital" (Afifa Pustaka, 2007). Buku keduanya ditulis secara kolosal "Menggenggam Cahaya" (Eska Publishing House, 2008). Pernah menjadi finalis lomba Karya Tulis Sinologi V Nasional di Yogyakarta (2007). Finalis Lomba Karya Tulis Nasional Departemen Agama RI (2007), dan finalis Lomba Karya Tulis Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di PT. Kaltim Prima Coal (2008). Saat ini aktivitasnya menjadi guru SD Primaschool PT. Kaltim Prima Coal, di samping itu juga sebagai konsultan pendidikan dan analis kebijakan pendidikan. Beliau punya motto "jadilah guru diri sendiri sebelum menjadi guru orang lain". Saat ini masih terobsesi menjadi "teroris ilmu pengetahuan” dan sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S3. Sismanto dapat dihubungi dengan mengunjungi blog di Situs Pribadi Sismanto dan di Ketika Guru Menulis.
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s