SEO

Cara Mengetahui Ranking Di SERP Google

Cara mengetahui ranking di SERP Google sebenarnya sangat banyak. Teman-teman punya banyak alternatif cara untuk melakukan ini. Bisa menggunakan analytics, webmaster tools, ataupun program lainnya. Tapi kali ini saya hanya akan memberikan cara yang mudahnya saja….

 

Cara Mudah Mengetahui Ranking Kata Kunci Di Google

Untuk mengetahui posisi atau ranking teman-teman di Google, kita bisa menggunakan alat eksternal dari http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php. Tapi perlu dicatat bahwa alat ini hanya akan mencari sampai TOP 300 saja.

 

Kelebihan alat ini adalah cara penggunaannya yang sangat mudah…. Buat teman-teman yang mau mengetahui peringkat di Google saat ini, maka silahkan ikuti saja langkah-langkah di bawah ini….
  • Buka halaman webnya di sini
  • Teman-teman akan melihat beberapa kolom, yaitu:
    • Domain Name = Kolom untuk memasukkan domain website atau blog saudara yang ingin diketahui rankingnya di Google (tanpa http:// dan www)
    • Region = Kolom untuk memasukkan wilayah Google yang diinginkan (misalnya Indonesia (www.google.co.id)
    • Competition Domain = Kolom untuk memasukkan URL saingan tapi ini sifatnya opsional saja. Bisa dikosongkan jika dirasa tidak perlu.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut….
layar input data blog yang ingin diketahui ranking pada SERP Google
Di bagian bawah dari kolom-kolom ini ada tempat untuk memasukkan kata kunci yang ingin dicek rankingnya pada SERP Google…. Saudara bisa memasukkan banyak kata kunci sekaligus, dan jika kolomnya kurang tinggal klik add row pada bagian bawah….
kolom memasukkan kata kunci yang akan diperiksa ranking Google
Jadi silahkan masukkan semua kata kunci yang ingin diperiksa posisinya pada SERP dan klik CHECK ALL KEYWORDS. Situs ini membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk mencari semua data kata kunci yang saudara masukkan ke sistemnya.
Ranking di Google Akan di tampilkan pada colom Curr (Current) yang artinya ranking Google saat ini. Sedangkan Prev (Previous) adalah ranking pada pemeriksaan sebelumnya, dan Best adalah posisi terbaik yang pernah diraih oleh blog anda. Jika ini adalah pemeriksaan pertama, maka tidak akan ada riwayat sehingga previous akan kosong saja.

Harap diperhatikan bahwa hanya karena situs ini tidak menampilkan hasil, bukan berarti anda belum terindex. Sekali lagi perlu diingat bahwa situs ini hanya menampilkan top 300 saja. Perlu juga dicatat bahwa tidak selamanya situs ini akan bekerja, karena Google sebenarnya tidak menyukai situs seperti ini dan berusaha memblokir situs seperti ini.

Kalau situs seperti ini sudah tidak bekerja, maka silahkan cari secara manual saja atau  cari di Google Webmaster Tools atau Analytics. Yang jelas kedua metode ini tidak sepraktis metode pengecekan posisi SERP yang ada di atas.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s